Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sea wall (Dinding Penahan) pada Dermaga


Seawall merupakan tembok besar yang dibangun disepanjang pesisir pantai dengan tujuan untuk menahan gelombang dalam skala besar yang tidak dapat diredam oleh breakwater. Seawall pertama sekali dibangun di sepanjang pantai kepulauan Hokkaido, Jepang. Pembangunan ini dilakukan untuk mengurangi kuatnya gelombang yang terjadi di tempat tersebut.

Seawall berfungsi sebagai penahan laju gelombang yang datang menuju pantai, gelombang yang datang tersebut dapat menimbulkan kerusakan, baik itu berupa abrasi maupun kerusakan yang lain. Dan jika gelombang datang dalam frekuensi yang cukup besar maka dapat menimbulkan kerusakan yang besar (seperti gelombang tsunami). Kerusakan inilah yang akan dikurangi oleh seawall.

Seawall biasanya menahan gelombang yang tersisa dari breakwater, sebagian gelombang yang tidak bisa ditahan oleh breakwater akan ditahan di seawall. Prosesnya, gelombang yang ditahan oleh breakwater sebagian akan menyebar melewati breakwater tersebut, sebagian gelombang inilah yang akan di hancurkan di seawall. Jika gelombang yang datang melebihi daya pecah seawall setidaknya seawall telah mengurangi dari dampak yang akan ditimbulkan dari gelombang tersebut.


Posting Komentar untuk "Pengertian Sea wall (Dinding Penahan) pada Dermaga"