Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Konstruksi Jembatan Baja ( Bridge Steel )

Jembatan adalah alat bantu transportasi yang sudah banyak digunakan, bahkan di seluruh dunia. Di indonesia sendiri jembatan ada beberapa macam mulai dari jembatan beton,baja,kayu bahkan jembatan tradisional juga masih banyak digunakan, pembahasan kali ini yaitu tentang macam - macam kontruksi jembatan baja ( Bridge steel), berikut 7 macam jembatan dengan kontruksi baja :

1. Jembatan Balok ( the beam bridge )
    Jembatan ini biasanya terletak diantara dua tumpua dan lantai kendaraan langsung berada di atas gelagar memanjang. Biasanya digunakan untuk bentang kecil yaitu 15 - 36 m.

2. Jembatan Baja Dinding Penuh (  The plate girders bridge )
    
Jembatan ini terdiri dari gelagar memanjang , gelagar melintang dan juga gelagar induk, sedangkan lantai kendaraan umumnya terletak lebih rendah, jembatan baja jenis biasanya digunakan pada bentang 24 sampai 45 m.
3. Jembatan Rangka Sederhana ( Simple truss Bridge )
 Jembatan rangka sederhana terdiri dari gelagar induk, gelagar melintang dan gelagar memanjang, sedangkan untuk sisi kanan dan kiri jembatan berupa rangka baja. jembatan rangka baja sederhana ini masuk dalam kategori jembatan menangah yaitu dengan bentang 45 m - 180 m.

4. Jembatan rangka Menerus ( Continous Bridge Trusses )
 Jembatan ini terdiri dari rangka ( truss) yang menerus dimana tumpuan berada pada tengah bentang rangka yang tidak terpisah. Jembatan ini biasa digunakan pada bentang 45 m - 180 m.

5. Jembatan Kantilever ( Cantilever Bridge )
 Panjang sekali,  itulah dalam benak ketika melihat jembatan ini. ciri ciri dari jembatan ini yaitu terdiri dari dua batang kantilever dengan satu bentang lain diantaranya, dimana bentang tersebut ditumpu pada ujung ujung kantilever. jembatan ini biasanya digunakan pada bentang 75 m- 540 m.

6. Jembatan Lengkung ( Steel Arches Bridge )
Kontruksi jembatan ini terdiri dari batang penggantung, batang lengkung, dan gelagar pengaku. jembatan ini biasa digunakan pada bentang 30 - 540m.
7. Jembatan gantung ( Suspension Bridge )
Hampir menyerupai jembatan kantilever tetapi jembatan baja tipe ini mempunyi bentang paling panjang daripada jembatan - jembatan baja yang saya uraiakan di atas. jembatan biasanya dengan bentang 120 - 3000 m. sedangkan kontruksi utama jembatan ini terdiri daro kabel yang terbentang diatas menara atau tiang penegar, kabel penggantung / hanger. balok penegar penegar, gelagar dan angker.

uraian di atas merupakan macam2 dari jembatan dengan kontruksi utamanya baja, mungkin bagi kawan kawan disini hampir sudah semua menjumpai jembatan yang saya uraikan diatas.


2 komentar untuk "Macam Macam Konstruksi Jembatan Baja ( Bridge Steel )"