Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Bendung dengan Bendungan

Banyak orang yang beranggapan bahwa bendung (weir) dengan bendungan ( dam) adalah sama, padahal berbeda oleh karena itu inilah perbedaan bentara bendung (weir) dengan bendungan (dam).

A. BENDUNG (WEIR)

Bendung adalah sebuah konstruksi yang dibangun melintasi aliran sungai yang berguna untuk mengubah karakteristik aliran sungai atau menghalangi aliran sungai agar permukaan aur sungai naik sampai pada ketinggian bendung iru sendiri . bensung tidak dilengkapi dengan pintu air. sehingga bangunan ini membiarkan air tetap mengalir meluap melewati bagian atas bendung. bendung bermanfaat menaikkan air agar mengalir ke saluran irigasi, selain itu juga bisa mencegah banjir, mengukur debit sungai dan memperlambat aliran sungai menjadikan aliran sungai mudah dilewati.bendung sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu bendung tetap dan bendung bergerak.

1. Bendung tetap adalah jenis konstruksi bendung yang dibuat untuk meninggikan muka air sungai pada ketinggian yang telah ditetapkan atau diperlukan agar air dapat disalurkan ke saluran irigasi atau lahan persawahan. pada bendung tetap ketinggian air di hulu berubah sesuai dengan debit sungai yang sedang meluap, dalam hal ini muka air pada bendung tetap tidak bisa di atur naik ataupun turun. bendung sungai tetal bisa dibangun di daerah hulu sungai.

2. Bendung bergerak / berpintu yaitu bendungan yang tinggi pembendungan airnya dapat di atur atau di ubah ubah sesuai dengan keperluan. pada bendung gerak muka air di hulu bendung dapat diselesaikan naik maupun turun dengan cara membuka atau menutup pintu air. bendung gerak biasanya dibangun di daerah hilir sungai atau muara. Misalkan apabila keadaan banjir maka ketinggian air Hulu bisa diturunkan dengan membuka pintu pintu air, sehingga air tidak limpas kemana-mana.

BENDUNGAN (DAM) 

Bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi Waduk, danau, ataupun tempat rekreasi. Seringkali Bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air, menggerakkan turbin pembangkit listrik tenaga air ( PLTA). Bendungan memiliki bagian yang disebut dengan pintu air yang digunakan untuk mengalirkan air yang tidak diperlukan secara bertahap.Fungsi bendungan diantaranya sebagai pembangkit listrik, untuk menstabilkan aliran air atau irigasi, pengendalian banjir, untuk bangunan pengalihan.

Jadi Kesimpulan sederhananya  perbedaan antara bendung dan bendungan diantaranya nya terletak pada fungsi dari pembuatan konstruksi itu sendiri.Bendung dibangun untuk menaikkan muka air di sungai tetapi air tetap melewati ketinggian bendung itu sendiri, sedangkan bendungan dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk atau danau.Dalam hal ini konstruksi bendungan lebih besar dibandingkan dengan konstruksi bendung.


Posting Komentar untuk "Perbedaan Bendung dengan Bendungan"