Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Jalan Aspal dengan Jalan Beton Untuk Konstruksi

A. JALAN ASPAL

Source image : https://www.hippopx.com/id/asphalt-blurry-highway-lane-motion-blur-motorway-road-314184

Kelebihan Jalan Aspal:

1. Biaya awal pembangunan  relatif lebih murah  dibandingkan dengan konstruksi beton  dan paving .

2. Jalan lebih halus, mulus dan tidak bergelombang sehingga enak dalam berkendara .

3. warna hitam aspal mempengaruhi psikologi pengendara menjadi Teduh dan nyaman.

4.  Untuk penggunaan pada jalan dengan lalu lintas kendaraan yang ringan Jalan aspal lebih murah dibandingkan dengan konstruksi jalan beton. 

5. Proses perawatan lebih mudah karena tinggal menggali pada Area jalan aspal yang rusak saja, dengan cara menggali dan mengganti dengan yang baru pada Area jalan yang rusak.

Kekurangan Jalan Aspal :

1. Tidak tahan terhadap genangan air sehingga memerlukan saluran drainase yang baik untuk proses pengeringan Jalan aspal paska hujan atau banjir.

2. Pada struktur tanah yang buruk harus dilakukan perbaikan tanah terlebih dahulu sebelum ditumpangi oleh konstruksi Jalan aspal.

3.  Dibandingkan dengan beton aspal membutuhkan waktu perawatan yang lebih banyak dari waktu ke waktu untuk mencegah kerusakan misalkan menutup kembali Jalan aspal setiap 3 tahun sekali.

B. JALAN BETON

Perkerasan jalan beton semen atau perkerasan kaku (Rigid Pavement), terdiri dari plat beton, dengan atau tanpa lapisan pondasi bawah, di atas tanah dasar yang di lapisi bahan berbutir seperti batu kerikil berupa agregat dan lapisan Lean Concrete (LC) yang merupakan bagian dari lapisan dasar. jalan beton mempunyai kelebihan dan kekurangan yaitu :

Kelebihan : 

1. Dapat menahan beban kendaraan yang berat.

2. Tahan terhadap genangan air dan banjir.

3. Biaya perawatan lebih murah dibandingkan dengan jalan aspal. 

4. Dapat digunakan pada struktur tanah lemah tanpa perbaikan struktur tanahnya terlebih dahulu. 

5. Pengadaan material lebih mudah didapat.

Kekurangan :

1. Kualitas jalan beton sangat tergantung saat pelaksanaannya, misalnya pengeringan yang terlalu cepat dapat menimbulkan keretakan pada jalan, untuk mengatasi hal ini dapat menambahkan zat kimia pada campuran beton atau dengan menutup beton pasca pengecoran dengan Kain basah untuk memperlambat Proses pengeringan.

2. untuk penggunaan pada Jalan Raya dengan kapasitas berat kendaraan yang tinggi, Maka biaya konstruksi jalan beton lebih mahal dibandingkan dengan jalan aspal, namun dari segi perawatan biayanya akan lebih murah.

3. Kehalusan dan gelombang Jalan sangat ditentukan pada saat proses pengecoran sehingga diperlukan pengawasan yang ketat titik proses perbaikan jalan dengan cara menumpang pada konstruksi jalan beton yang lama, sehingga akan menaikkan ketinggian elevasi jalan , terkadang elevasi jalan lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan di sekelilingnya. 

4. Warna beton membuat suasana Jalan menjadi keras dan gersang sehingga menimbulkan efek kehati-hatian bagi pengendara.

5. Biaya  kontruksi jalan beton beton lebih mahal dibandingkan dengan aspal.

1 komentar untuk "Perbandingan Jalan Aspal dengan Jalan Beton Untuk Konstruksi"