Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bendung dan Jenisnya

Bendung (weir)bendung adalah sebuah konstruksi yang dibangun melintasi aliran sungai yang berguna untuk mengubah karakteristik aliran sungai atau menghalangi aliran sungai agar permukaan aur sungai naik sampai pada ketinggian bendung iru sendiri . bensung tidak dilengkapi dengan pintu air. sehingga bangunan ini membiarkan air tetap mengalir meluap melewati bagian atas bendung. bendung bermanfaat menaikkan air agar mengalir ke saluran irigasi, selain itu juga bisa mencegah banjir, mengukur debit sungai dan memperlambat aliran sungai menjadikan aliran sungai mudah dilewati.bendung sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu bendung tetap dan bendung bergerak.

1. Bendung tetap adalah jenis konstruksi bendung yang dibuat untuk meninggikan muka air sungai pada ketinggian yang telah ditetapkan atau diperlukan agar air dapat disalurkan ke saluran irigasi atau lahan persawahan. pada bendung tetap ketinggian air di hulu berubah sesuai dengan debit sungai yang sedang meluap, dalam hal ini muka air pada bendung tetap tidak bisa di atur naik ataupun turun. bendung sungai tetal bisa dibangun di daerah hulu sungai.

2. Bendung bergerak / berpintu yaitu bendungan yang tinggi pembendungan airnya dapat di atur atau di ubah ubah sesuai dengan keperluan. pada bendung gerak muka air di hulu bendung dapat diselesaikan naik maupun turun dengan cara membuka atau menutup pintu air. bendung gerak biasanya dibangun di daerah hilir sungai atau muara. Misalkan apabila keadaan banjir maka ketinggian air Hulu bisa diturunkan dengan membuka pintu pintu air, sehingga air tidak limpas kemana-mana.


Posting Komentar untuk "Pengertian Bendung dan Jenisnya"