Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Jembatan di Indonesia


Di Indonesia sendiri, sarnpai saat ini belum ada suatu dokumentasi data-data mengenai perkembangan Jembatan yang ada baik segi material, jenis  jembatannya maupun  tahun  pembuatannya. Jembatan dari kayu hampir tidak  pernah digunakan,  kecuali  sebagai perancah bangunan dan sebagai jembatan    sementara.

Pada umumnya kita bisa  menemukan jembatan gelagar baja yang dibangun sejak sebelurn kemerdekaan R.I. yaitu pada zaman kolonial Belanda, yang   sampai kini beberapa diantaranya masih tetap digunakan walaupun      kondisinya sudah kritis, seharusnya sudah diganti dengan jembatan baru  yang  permanent  

Dari bulletin "De lngenieur"  terbitan 1917/No.4. dapat  kita  ketahui mengenai  beberapa jembatan    rangka   baja  yang  pernah   dibangun    di Indbnesia    diantaranya jembatan K.A melintas kali Serayu di bangun pada tahun 1915.Juga jembatan rangka baja lainnya, Ci Sondari, Way   Komrnering,    Ciwedej dan lain-lain yang dibangun oleh Prof. Dr. lr. J.H.A Haarman dan Prof. lr. P.P.  Bijlaard. Jembatan dari beton  bertulang juga sudah kita kenai sejak zaman pemerintah kolonial   Belanda.

jembatan-jembatan besar dari Beton Pratekan baru kita kenai sejak dibangun pada tahun 1960 yaitu jembatan Semanggi, jembatan Cawang di jakarta,  jembatan  Musi  di  Palembang, dll. Pada tahun 1974 di Indonesia, diresmikan jembatan rantau Berangin 80 Km dari  Pakanbaru, dengan bentang 40-120-40 meter.Jembatan beton pratekan yang dibangun dengan mengunakan sistim Freivorbau merupakan jembatan yang bersejarah karena untuk pertama kali dibangun di negara  kita, bahkan yang pertama kali  di Asia Tenggara.

Jembatan kedua dengan sistim Freivorbau adalah Jembatan Citarum di Raja Mandala  (jawa  Barat)  dengan bentang 132 meter Pelaksanaan Jembatan    beton di lapangan lebih rumit dibandingkan dengan Jembatan baja, hal ini disebabkan oleh kesulitan-kesulitan dalam kontrol kualitas dan pengawasan pelaksanaan. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, dan mempercepat waktu pelaksanaan, maka penggunaan komponeri precast dan prefabricated rnulai popular digunakan dibawah pengawasan      dan kontrol   kualitas yang  ketat  sesuai dengan  standard yang  ditentukan.




Posting Komentar untuk "Perkembangan Jembatan di Indonesia"