Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kontruksi Plate Girder


Plate girder adalah elemen struktur lentur tersusun yang didesain untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh penampang gilas panas biasa. Bentuk umum yang dewasa ini yang didesain terdiri atas dua flens yang dilas pada plat web yang relatif tipis. Tebal plat biasanya konstan. Tinggi plat web dapat konstan atau menjadi lebih tinggi didaerah yang momennya besar. Plate girder yang tingginya tidak konstan biasanya hanya digunakan pada struktur bentang panjang.
Pengaku landasan digunakan pada titik beban terpusat dan reaksi untuk menyalurkan beban terpusat keseluruh tinggi web. Pengaku antara transversal dipasang pada berbagai jarak sepanjang bentang dan berfungsi untuk memperbesar kekakuan tekuk web. Ini akan memperbesar tahanan web terhadap kombinasi geser dan momen. Untuk plat web yang lebih tinggi, khususnya pada lokasi yang momennya besar, pengaku web longitudinal mungkin juga diperlukan, dengan menggunakan plat web yang tebalnya cukup sehingga pengaku tidak diperlukan.
Pada perencanaan plate girder dimensi profil umumnya ditentukan oleh besarnya momen inersia yang diperlukan. Profil akan lebih ekonomis apabila dibuat dengan plat web yang tipis dan memenuhi syarat kuat tekuk dari plat web.

1 komentar untuk "Pengertian Kontruksi Plate Girder"