Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Faktor yang mempengaruhi besarnya EVAPOTRANSPIRASI


1. Radiasi Matahari
Evapotranspirasi merupakan konservasi air kedalam uap air. Proses ini terjadi tanpa henti pada siang hari dan juga sering pada malam hari.Perubahan dari keadaan cair menjadi gas ini memerlukan input energi berupa panas latent. Proses tersebut akan sangat efektif jika ada penyinaran langsung dari matahari.

2. Kecepatan Angin
Air yang dapat menguap ke atmosfir menyebabkan lapisan batas antara tanah dengan udara menjadi jenuh. Agar proses tetap berjalan, maka lapisan jenuh ini harus diganti dengan udara kering. Peranan kecepatan angin dalam proses evapotranspirasi adalah mengganti lapisan jenuh tersebut.

3. Kelembaban Relatif
Peranan kelembaban relatif pada evapotranspirasi adalah jika kelembaban relative besar, maka kemampuan untuk menguap untuk menyerap uap air akan berkurang sehingga laju evapotranspirasi akan menurun. Penggantian lapisan udara pada batas tanah dan udara dengan udara yang sama kelembabannya tidak akan memperbesar laju evapotranspirasi.

4. Temperatur
 Suatu input energi sangatlah diperlukan agar evapotranspirasi tetap berjalan. Jika suhu udara dan suhu tanah tinggi, maka proses evapotranspirasi akan berjalan dengan adanya energi panas yang tersedia.

Posting Komentar untuk "Faktor Faktor yang mempengaruhi besarnya EVAPOTRANSPIRASI"