Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Jurusan Teknik Sipil ??

Jurusan teknik sipil, ya masih teringat 11 tahun lalu ketika saya melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, klo ingat2 sih memalukan gimana gitu, ya karena jurusan sipil ini saya menjadi bingung sekolah kok disuruh mengambil jurusan PNS, dan saya pun menjadi bertanya-tanya. Memang Untuk orang awam apa sih Jurusan Teknik sipil itu ??? kebanyakan orang awam bilang  yaitu PNS atau pegawai negeri sipil. karena orang orang hanya mencangkup nama sipilnya saja. Lalu apa donk jurusan teknik Sipil ???

Teknik sipil merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu bagaimana kita merencanakan, Menggambar dan menghitung  suatu Bangunan ataupun infrastruktur. bangunan yang dimaksudkan tidak hanya tentang rumah akan tetapi meliputi bangunan bertingkat ( gedung ) bangunan air ( pelabuhan) ataupun tentang infrastruktur ( jalan raya, Jembatan) dan masih banyak lagi. kerena ilmu sipil mencangkup banyak ilmu didalamnya antara lain matematika, fisika, kimia, geologi, statika, lingkungan hingga komputer.

Dewasa ini ilmu teknik sipil tidak hanya tentang teknik sipil murni saja tetapi menjadi beberapa cabang ilmu yang lebih berfokus pada satu ilmu ( karena banyaknya ilmu yang ada pada jurusan sipil ini sehingga dibagi menjadi beberapa cabang ilmu yang lebih spesifik ). Ilmu ilmu tersebut antara lain :
1. Arsitektur yaitu cabang ilmu yang berfokus pada gambar secara lebih detail.
2. Geologi yaitu cabang ilmu yang mempelajari tentang struktur tanah.
3. Keairan yaitu cabang ilmu yang membahas bangunan air.
4. Struktur yaitu cabang ilmu yang membahas tentang struktur gedung, jembatan, maupun pondasi.
5. Transportasi yaitu Cabang ilmu yang membahas tentang perencanaa suatu transportasi daerah, bisa juga di perencanaan jalan raya.
6. Ilmu lingkungan yaitu cabang ilmu yang membahas tentang lingkungan sekitar tetapi bukan secara umum, lingkungan yang di teliti yaitu AMDAL nya untuk proses pekerjaan ilmu2 nomor 1 - 5.

Demikan sedikit penjelasan apa itu Jurusan Teknik sipil, Memang sesuatu yang di awali dengan ketidaktahu,an akan berat jika dijalankan,tetapi dibalik itu semua ada banyak ilmu yang dibutuhkan dimasa mendatang, dan semua itu akan terasa apabila sudah melaluinya.
dari uraian di atas memang tidak terlalu detail akan tetapi bisa kok buat referensi kawan - kawan dari jurusan sipil. salam dari saya mantap mahasiswa sipil.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Jurusan Teknik Sipil ??"