Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian tebal perkerasan jalan

Pengertian Umum

Lapisan tebal perkerasan berfungsi untuk menerima dan menyebarkan beban lalu-lintas tanpa menimbulkan kerusakan yang berarti pada jalan itu sendiri. Dengan demikian memberikan kenyamanan kepada pengemudi selama masa pelayanan jalan tersebut. Untuk itu dalam perencanaan perlu dipertimbangkan seluruh faktor-faktor yang dapat mempengaruhi fungsi pelayanan konstruksi jalan seperti :

1.     Fungsi jalan.
2.     Kinerja perkerasan.
3.     Umur rencana.
4.     Lalu lintas yang merupakan beban dari perkerasan jalan.
5.     sifat tanah dasar.
6.     Kondisi lingkungan.
7.     Sifat dan banyak material yang tersedia dilokasi, yang akan dipergunakan sebagai bahan lapisan perkerasan.

    Perencanaan tebal perkerasan yang akan diuraikan ini adalah merupakan dasar dalam menentukan tebal perkerasan lentur yang dibutuhkan untuk suatu jalan raya. Yang dimaksud perkerasan lentur (fleksibel pavement) dalam perencanaan ini adalah perkerasan yang umumnya menggunakan bahan campuran aspal sebagai lapis permukaan serta bahan berbutir sebagai lapis bawahnya.

Interprestasi, evaluasi dan kesimpulan-kesimpulan yang akan dikembangkan dari hasil penetapan ini harus juga memperhitungkan penerapannya secara ekonomi sesuai dengan kondisi setempat, tingkat keperluan, kemampuan pelaksanaan dan syarat-syarat teknis lainnya, sehingga kontruksi jalan yang direncanakan itu adalah optimal.

Posting Komentar untuk "Pengertian tebal perkerasan jalan"