Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Aliran Saluran Terbuka

            Aliran saluran terbuka dapat terjadi dalam bentuk yang bervariasi cukup besar, mulai dari aliran di atas permukaan tanah yang terjadi pada waktu hujan, sampai aliran dengan kedalaman air konstan dalam saluran prismatis. 
Masalah aliran saluran terbuka banyak dijumpai dalam aliran sungai, aliran saluran-saluran irigasi, aliran saluran pembuangan dan saluran-saluran lain yang bentuk dan kondisi geometrinya bermacam-macam.

             Mekanika aliran saluran terbuka lebih sulit dibanding dengan mekanika saluran tertutup. Pada aliran saluran tertutup tidak terdapat permukaan bebas sehingga tidak terdapat pengaruh langsung dari tekanan atmosfer, pengaruh yang ada hanyalah tekanan hidraulik yang besarnya dapat lebih besar atau lebih kecil daripada tekanan atmosfer.
Sedangkan pada aliran saluran terbuka terdapat permukaan bebas yang berhubungan dengan atmosfer dimana permukaan bebas tersebut merupakan suatu batas antara dua fluida yang berbeda kerapatannya yaitu cairan dan udara, dan pada permukaan ini terdapat tekanan atmosfer. Dalam hal ini hubungannya dengan atmosfer perlu adanya pertimbangan bahwa kerapatan udara jauh lebih rendah daripada kerapatan air.

            Secara singkat dapat disimpulkan bahwa tipe aliran saluran terbuka adalah :

A.    Aliran Tetap ( steady flow )

1.      Aliran seragam ( uniform flow )

2.      Aliran tidak seragam ( non uniform flow ) atau aliran berubah-ubah ( varied flow ) yang terdiri dari :

-   Aliran tetap berubah lambat laun ( gradually varied flow )

-  Aliran tetap berubah dengan cepat ( rapidly varied flow )

B.     Aliran tidak tetap ( unsteady flow )


1.      Aliran seragam tidak tetap ( unsteady uniform flow ). Aliran ini hampir tidak pernah tejadi.

2.      Aliran tidak tetap dan berubah-ubah ( unsteady varied flow ) yang terdiri dari :

- Aliran tidak tetap berubah lambat laun ( gradually varied unsteady flow)

- Aliran tidak tetap berubah dengan cepat ( rapidly varied unsteady flow )


            Perbedaan aliran tetap dan aliran tidak tetap: WAKTU sebagai ukuran. Dikatakan aliran tetap bila kedalaman aliran tidak berubah/ konstan selama jangka waktu tertentu. Perbedaan aliran seragam dan aliran berubah: RUANG sebagai ukuran. Dikatakan aliran seragam bila kedalaman aliran sama / konstan pada setiap penampang saluran.

Posting Komentar untuk "Definisi Aliran Saluran Terbuka"