Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian-Bagian Dari Geometri Penampang Saluran

Sifat-sifat dari bagian-bagian geometri penampang saluran seluruhnya ditentukan oleh bentuk geometri dari saluran dan kedalaman air. Definisi dari beberapa bagian geometri penampang saluran adalah sebagai berikut :

a.  Kedalaman air, h (depth of flow ) adalah jarak vertical dari titik yang terendah dari penampang saluran sampai ke permukaan air.

b. Taraf ( stage ), adalah elevasi dari permukaan air diukur dari suatu bidang persamaan tertentu (datum). Bila titik terendah dari penampang saluran yang diambil sebagai bidang persamaan, maka taraf akan sama dengan kedalaman air.

c. Lebar permukaan, T (top width) adalah lebar penampang saluran pada permukaan aliran ( permukaan bebas )

d. Luas penampang aliran atau luas penampang basah, A (flow area) adalah luas penampang aliran yang diambil tegak lurus arah aliran.

e. Keliling basah,O, ( wetted parameter) adalah panjang garis pertemuan antara cairan dan batas penampang melintang saluran yan gtegak lurus arah saluran.

f. Jari-jair hidroulik , R (hydraulic radius) adalah perbandingan antara luas penampang basah dan keliling basah.

g. Kedalaman hidroulik, D (hydraulic depth) adalah perbandingan antara luas penampang basah dengan  lebar permukaan basah.

h. Faktor penampang , Z (section factor) adalah suatu factor yang diperlukan untuk perhitungan aliran kritis, merupakan hasil perkalian dari luas basah dan akar dari kedalaman hydraulic.

i. Faktor penampang untuk perhitungan aliran seragam AR adalah hasil perkalian dari luas penampang dan pangkat dua per tiga dari jari-jari hydraulic.

Posting Komentar untuk "Bagian-Bagian Dari Geometri Penampang Saluran"